#NGAJI TEOLOGI BAGIAN I : IBNU HAZM DALAM SOROTAN MAHMUD ALI HIMAYAH
Ibnu Hazm wa
Manhajuhu fi Dirasatil Adyaan
Karangan Dr
Mahmud Ali Himayah (Dar Al Maarif’ 1983)
Daftar Isi
|
Muqaddimah |
|
|
Bab Pertama : Ibnu Hazm : Periode
beliau, Kehidupan Beliau, dan Peninggalan beliau |
|
|
Bagian Pertama : Periode
Ibnu Hazm |
|
|
|
Kondisi Politik Kondisi Imu Pengetahuan Kondisi Sosial Kondisi Agama |
|
Bagian Kedua : Kehidupan Ibnu Hazm |
|
|
|
Keluarga Beliau |
|
|
Anak-Anak Beliau |
|
|
Nasab Beliau |
|
|
Perkembangan Beliau |
|
|
Guru Beliau |
|
|
Keilmuan Beliau |
|
|
Komunitas di Negara |
|
|
Perjalanan Intelektual |
|
|
Kiprah Ibnu Hazm dengan
Periode nya |
|
|
Kepribadian dan Ahklaq
beliau |
|
|
Wafat Beliau |
|
|
Peninggalan Hidup Ibnu
Hazm atas Kitabnya di dalam Buku ini |
|
Bagian Ketiga : Karya Ilmiah Ibnu Hazm |
|
|
|
Permulaan |
|
|
Peninggalan Ibnu Hazm yang
ada |
|
|
Peninggalan
Ibnu Hazm yang Hilang |
|
|
Ulasan |
|
|
|
|
Bab Kedua : Kitab Al Fashl
fi Al Milal wa Al Ahwa wa An Nihal
86-194 |
|
|
Bagian Pertama : Kitab dan
Kondisi Penyusunannya |
|
|
|
Macam-macam Kitab |
|
|
Makna Milal wa Nihal |
|
|
Sejarah Penyusunan Al Fashl |
|
|
Respon Penolakan atas di
susun nya kitab Al Fashl |
|
Bagian Kedua : Referensi
Ibnu Hazm dalam Kitab Al Fashl |
|
|
|
Permulaan |
|
|
Referensi Umum |
|
|
Referensi Realitas |
|
|
Kitab-Kitab |
|
|
Kekhususan |
|
|
Berita yang Tersebar |
|
|
Pandangan dan Kesaksian |
|
Bagian Ketiga : Metode
Ibnu Hazm |
|
|
|
Permulaan |
|
|
Metode Adabi |
|
|
Metode Ilmiah |
|
|
Ke khusuan Metode |
|
|
(1).Jelas |
|
|
(2). Keras dan Tegas |
|
Bagian Ke Empat : Kitab Al
Fashl diantara Kitab-kitab Sejarah Agama-Agama |
|
|
|
Ilmu Perbandingan Agama : Pertumbuhan dan Perkembangannya |
|
|
Perbandingan kitab Asy
Syahratani dan Kitab Ibnu Hazm |
|
Bagian ke Lima : Manhaj
Ibnu Hazm dalam Kitab Al Fashl |
|
|
|
Al Manhaj Ad Dzhahiri |
|
|
Asas Rasionalitas Umum |
|
|
Manhaj Ibnu Hazm dalam
Dialektika |
|
Bab ke Tiga : Pandangan
Ibnu Hazm dalam kitab Al Fashl : Tawaran dan Kajian 221-331 |
|
|
|
|
|
Bagian Pertama : Ibnu Hazm
dan Kenabian (An Nubuwwah) |
|
|
|
Pengingkaran terhadap
Kenabian |
|
|
Penetapan terhadap
Kenabian |
|
|
Pembuktian Kenabian |
|
|
Perbedaan antara Mukjizat
dan selainnya dari Sihir dan warna -warna
Kekuatan |
|
|
Kenabian seorang Perempuan |
|
|
Penolakan atas orang yang
menetapkan Binatang sebagai Rasul |
|
Bagian Kedua : Ibnu Hazm
dan Agama Yahudi |
|
|
|
Ibnu Hazm dan kritikannya
terhadap Referensi Yahudi |
|
|
Manhaj Ibnu Hazm dalam
perdebatan Yahudi |
|
|
Manhaj Ibnu Hazm dalam
Kritik Taurat dan Penetapan Tema dan Distorsi |
|
|
1.
Pandangan terhadap Teks Empiris |
|
|
2.
Pandangan terhadap Aktivias dan Sejarah |
|
Bagian Ketiga : Ibnu Hazm
dan Nashrani |
|
|
|
Manhaj Ibnu Hazm dalam
studi Nashrani |
|
|
Kepercayaan Trinitas |
|
|
Kepercayaan Salib dan Penebusan Dosa |
|
|
Perjanjian Lama |
|
|
Penjelasan apa yang ada di
Injil dari yang bertentangan |
|
|
Penjelasan apa yang ada di
Injil dari kebohongan |
|
|
Penjelasan dari Batalnya
Ketuhanan Al Masih dari Teks-teks Injil |
|
|
Aktivitas yang memperkuat
Upaya Tahrif (distorsi) |
|
Bab Ke Empat : As Shobi’in |
|
|
|
Perkembangan yang
mengantarkan Agama Ash Shobi’in |
|
|
Kelompok-kelompok mereka |
|
|
Makna Ash Shobi’in |
|
|
Nama-nama mereka |
|
|
Aqidah mereka |
|
|
Seputar Agama mereka |
|
|
Negeri dimana agama ini
tersebar |
|
|
Ash Shobi’in dan jumlah |
|
|
Kaitan antara Ash Shobi’in
dalam Al Qur’an dan Agama ini |
|
Bagian ke Lima : Ibnu Hazm
dan Falasifah (Filosof) |
|
|
|
Kaum Sofisme |
|
|
Kelompok Nihilis |
|
|
Kelompok Skeptis |
|
|
Kelompok Hindu |
|
|
Penolakan Ibnu Hazm atas
Sofisme |
|
|
Pandangan kami atas
Penolakan Ibnu Hazm |
|
|
Pemahaman Kekalnya Alam |
|
|
Syubhat Ateisme dan
Penolakan Ibnu Hazm |
|
|
Argumentasi Ibnu Hazm atas
hudus (tercipta dari tiadanya) alam |
|
|
Penutup (Kesimpulan
Pembahasan) |
|
|
Referensi |
Comments
Post a Comment